Friday, November 16, 2018

Wahyu 14

Tulisan PKS Komsel Tubuh Kristus
Pak Gugun Siahaan


Shalom GBA Jumat tgl 16 Nop'18
            Wahyu 14

Ay 1~5

Ay 1 :
Sion disini bukan Sion yg di bumi, melainkan Sion yanh di Surga.

Angka 144.000 tentu bilangan nyata yang mempunyai makna simbolis, yg sangat erat hub nya dgn Why 17, yaitu, menyangkut ukuran2 Bait Suci dan kota Yerusalem Surgawi.

Ay 3 : perkataan .......yang telah ditebus dari bumi.., menyatakan bahwa mereka sudah tidak berada di bumi, melainkan sdh terangkat ke surga.

Ay 4 :
P
Mereka adalah para pemenang, yg pertama matang diladang Tuhan, sebab itu mereka dituai sebelum panen, sebagai buah sulung utk Anak Domba dan Allah.

Kemudian dalam ay 14~15, baru lah semua tuaian itu dipanen.

Ini berarti, para pemenang akan terangkat ke surga sebelum masa panen, seperti buah sulung di tanah permai akan dituai sebelum masa panen, dan dibawa ke dalam Bait Allah, seperti yang tertulis di dalam Im 23:10~11 dan Kel 23:19 --> Dibaca yah !

Peristiwa2 yg tercatat dlm ay 6-13, terjadi selama masa kesusahan besar ( Mat 24 :21), ini dgn jelas mengatakan, dan dengan kuat membuktikan bahwa pemenang gelombang pertama, yaitu, buah sulung yg dibicarakan dlm ay 1~5, akan terangkat sebelum kesusahn besar ; dan tuaian dalam ay 14~16 yang meliputi mayoritas kaum beriman, akan terangkat pd akhir masa kesusahan besar.

Ayat 6 :
Injil yang diberitakan pada masa kesusahan besar (Mat 24 : 21), berbeda dgn Injil kasih karunia yg diberitakan pada zaman gereja.

Idi poko Onjil kasih karunia ialah bertobat kepada Allah dan percaya kpd Tuhan Yesus, supaya manusia mendapat pengampunan dosa, dan dilahirkan kembali menjadi anak-anak Allah ; sedangkan isi pokok Injil kekal ialah menyuruh manusia takut kpd Allah dan menyembah Allah supaya tidak tertipu dan mengikuti Antikristus, tetapi dibawa kembali kepada penyembahan yg sejati thd Allah yg menciptakan langit dan bumi.

Ay 8 :
Babel yg dimaksud disini bukan Babel materi, melainkan Babel Agamawi, yaitu, pengajaran yg sangat halus sampai bisa membuat gereja mabuk oleh hawa nafsu percabulannya (nafsu pengajarannya, nafu dogmanya).

Babel disini mengacu kod gereja Tiatira, yg dibicarakan dlm 17:2-6.
Jadi bukan mengacu kpd Babel material yg dibicarakan dlm 18:2.

Oleh karena itu Babel Agamawi akan runtuh pada permulaan masa kesusahan besar, sedangkan Babel material akan runtuh pada akhir kesusahan besar.

Ayat 12 : Orang2 kudus yang tertinggal dalam kesusahan besar ada dua kellmpok, yaitu Orang2 Yahudi yg memelihara perintah Allah dan kaum beriman yang memelihara kepercayaannya thd Yesus.

Ayat 13 :
Orang2 mati disini mengacu kpd orang2 yg menjadi martir dibawah penganiayaan Antikristus selama masa kesusahan besar.

Ayat 14 :
Dalam psl 10:1, Kristus masih berselubungkan awan, disini Ia duduk diatas awan, hal ini sesuai dgn 1Tes 4:17, menyatakan pd saat itu Tuhan datang secara terbuka di angkasa.

Ayat 15 :
Tuaian (tanaman) di bumi adalah umat Allah di bumi, kaum beriman dalam Kristus (1Kor 3:9)

Tuaian sudah matang (masak). artinya tuaian sudah kering terjemur (semua air bumiahnya habis)

Penderitaan pada masa kesusahan besar akan seperti matahari yang memanggang, akan menjemur sampai kering air bumiahnya, demikianlah kaum beriman akan matang (masak).

Ayat 16 :
Penuaian disini terjadi setelah Antikristus memaksa umat Tuhan menyembahnya (ay 9).
Karena itu, ini mengacu kepada keterangkatan mayoritas umat Tuhan yg tertinggal di bumi dan yg mengalami kesusahan besar.

Ay 19 : Gandum matang pada wkt kadar airnya kering, sedangkan anggur matang dgn air yg penuh.
Di ay 18 sudah masak , menunjukkan bhw orang kafir sbg pohon anggur yg menghasilkn air anggur, dosanya sudah penuh dan saat penghakiman sudah tiba.

Gilingan besar murka Allah adalah perang Harmagedon (16 : 12-16) yang akan terjadi di Lembah Yosafat. Semua pasukan orang jahat dan duniawi dari orang kafir akan dikumpulkan disana, dan Tuhan bersama kaum beriman pemenangnya akan berperang melawan mereka, dan memusnah-kan mereka (Baca Why 19:11~21 ; Yoel 3 : 9-13 Yes 63 :1-6).

Ay 20 : Kota tempat penggilingan itu adalah kota Yerusalem
Yerusalem akan banjir darah org2 kafir yg akan binasa selamanya.

Demikianlah penjelasan Wahyu 14, semoga tidak menjadi bosan mengikuti GBA.
Terap semangat ✊✊✊
Gbu all 🙏🙏🙏

No comments:

Post a Comment

Hati seperti apa yang harus kita punyai?

 Natal adalah saat yang tepat untuk kita melakukan refleksi diri, merenungkan, apa yang telah kita lakukan setahun itu dan bagaimana kira-ki...