Friday, November 16, 2018

Wahyu 9

Tulisan PKS Komsel Tubuh Kristus
Pak Gugun Siahaan

Shalom GBA Sabtu tgl 10 Nop'18
                 Wahyu 9

         Sangkakala kelima
            Celaka pertama

  Penghakiman atas Manusia

Iblis dan Antikristus Bekerja Sama
      Untuk Menyiksa Manusia

Ayat 1
Bintang disini mengacu kpd Iblis, yang dicampakkan dari langit ke bumi. Malaikat diumpamakan sbg bintang. (Ayub 38 :7 ; Why 12 :4)

Iblis sebagai penghulu malaikat, asalnya ialah bintang yg gemilang (Yes 14 : 12).

Dalam Luk 10 :18 dia sdh dihakimi.

Disini dalam Why 12 :9-10 adalah pelaksanaan penghakiman itu.

Jurang maut (lubang yang tak berdasar) adalah tempat tinggal setan-setan --> Baca Luk 8 :31

Ayat 3
Belalang disini tdk sama dgn belalang dalam Kel 10 : 12-25, sebab ekor mereka bagaikan kalajengking, mempunyai sengat yang beracun, bisa menyakiti manusia (ay 10).

Mereka pasti dirasuk oleh setan, sebab mereka muncul dari asap yg keluar dari jurang maut, yaitu, tpt tinggal setan-setan (ay 2).

Ayat 4
Malapetaka empat sangkakala pertama  tidak langsung menimpa manusia, sedangkan celaka dari tiga sangkakala terakhir langsung menimpa manusia.

Hanya bani Istarel yang dahinya sudah dimaterai oleh Allah, tidak akan disakiti oleh belalang yang kerasukan setan itu (Why 7 :3-8)

Ayat 7 dan Ayat 9 pasal ini sangat mirip dgn Yoel 2 : 4-5, 25, dan Yoel 1:6

Perkataan dalam ayat2 tsb diatas, disertai dgn fakta bhw bani Israel pasti akan menerima pemeteraian Allah (7 :3-8), agar terhindar dari belalang yg menyakiti orang itu, mungkin menunjukkan bahwa celaka sangkakala kelima, secara khusus akan menimpa bgs Israel.
(Ini menurut pemikiran saya).

Ayat 11
Malaikat jurang maut adalah raja yang memerintah binatang2 yang mirip kalajengking itu.

Dalam bahasa Ibrani namanya adlh Abadon yg berarti kerusakan, kebinasaan. Istilah ini  dipakai juga didalam Ayb 26 :6 ; 28 :22 dan Ams 15 :11 ( Dibaca yah )

Dalam bhs Yunani ialah Apolion, yang artinya perusak.

Dia itu adalah Antikristus, yang akan muncul dari jurang maut (Baca Why 11 : 7 dan 17 : 8)

Ayat 12~21 adalah Sangkakala keenam --> Celaka kedua yaitu :
Penghakiman lebih lanjut atss manusia

Ayat 12
Yg dimaksud kedua celaka lagi, adalah sangkakala keenam itu sendiri, dan celaka dari sangkakala ketujuh --> ay 13-21 dan 11 : 14-15, yaitu ketujuh cawan dlm Why 16.

Ayat 13
Darah pendamaian dibubuhkan pd keempat tanduk mezbah emas (mezbah pembakaran ukupan), utk mengadakan pendamaian (Imamat 16:18), yaitu untuk penebusan.

Suara yg keluar dari keempat tanduk mezbah emas, menunjukkn bhw dasar penghakiman Allah thd manusia ialah penebusan Kristus.

Oleh kareba itu, penghakiman dilangsungkan karena manusia tidak percaya thd penebusan Kristus.

Ayat 15
Bagi jam dan hari, bulan dan tahun, menunjukkan keempat malaikat itu sdh siap sedia bagi jam, ditambah hari, ditambah bulan dan ditambah tahun --> jumlahnya 13 bulan, 1 hari, 1 jam untuk membunuh manusia.

Pembantsian ini lada mulanya berlangsung selama 1 jam, kemudian 1 hari, selanjutnya selama 1 bulan, dan terakhir selama 1 tahun.

Ayat 19
Ekor kuda disini seperti ular, lebih beracun drp ekor belalang yg spt kalajengking itu (ay 10).
Belalang hanya membuat manusia menderita selama lima bulan (ay 5 dan 10), namun kuda akan membunuh 1/3 umat manusia (ay 15 dan 18).

Ini berarti celaka sangkakala ke-6 lebih serius drp celaka sangkakala ke-5.

Ayat 20
Ini adalah ttg Patung Antikristus.
Patung Antikristus ini bisa berbicara ( Baca Why 13 :15).

Karena itu, ayat ini tidak mengatakan bahwa berhala tidak bisa berbicara, spt yg dikatakan dalam Mzm 115 : 5 dan 135 :16.

Semoga dgn penjelasan singkat ini teman2 bisa menangkap gambaran dari sangkakala ke-5 dan sangkakala ke-6 terkait dengan kedua celaka dari tiap sangkakala itu.

Tetap semangat ya ✊✊✊
Gbu all 🙏🙏🙏

No comments:

Post a Comment

Hati seperti apa yang harus kita punyai?

 Natal adalah saat yang tepat untuk kita melakukan refleksi diri, merenungkan, apa yang telah kita lakukan setahun itu dan bagaimana kira-ki...