Sunday, November 18, 2018

Wahyu 16

Tulisan PKS Komsel Tubuh Kristus
Pak Gugun Siahaan

Shalom GBA Minggu tgl 18 Nop'18
                Wahyu 16

    Tujuh Cawan Murka Allah
       Ditumpahkan ke bumi

Cawan pertama : ay 1~2
Bisul yg jahat pada orang2 yang menyembah Àntikristus.
Tanda 666 ada di/dalam kulit, karena itu bisul ada di kulit.

Cawan kedua : ay 3
Air laut menjadi darah

Cawan ketiga : ay 4~7
Sungai-sungai dan mata air menjadi darah.

Cawan keempat : ay 8~9
Matahari menghanguskan manusia dengan api.

Cawan kelima : ay 10~11
Kerajaan Antikristus menjadi gelap

Cawan keenam : ay 12
Sungai Efrat menjadi kering.

Visi yang disisipkan di antara Cawan keenam & Cawan ketujuh
                    ay 13~16
     Perkumpulan di Harmagedon

Cawan ketujuh : ay 17~21
Gempa bumi terbesar dan Hujan Es besar.

Coba perhatikan baik2 :

1. Bencana dari Cawan kedua (seluruh laut menjadj darah) lbh hahsyat dari bencana dari  Sangkakala kedua (hny sepertiga dari laut yg menjadi darah)
(Baca Why 8 : 8-9)

2. Bencana dari Cawan ketiga (sungai2 dan mata air-mata air menjadi darah), lebih dshsyat dari bencana dari Sangkakala ketiga (sepertiga sungai2 dan mata-air2 menjadi pahit karena tertimpa meteor raksasa).                       (Baca Why 8:10-11)

3. Bencana dari Cawan keempat (matahari menghanguskan manusia dengan api) lebih dahsyat darj bencana darj Sangkakala keempat (sepertiga dari siang hari tidak terang). (Baca Why 8 : 12)

4. Bencana dari Cawan kelima yi menghakimi gahta Antikristus, berhubungan dgn Sangkakala kelima. Ketika Sangakakla kelima ditiup, Antikristus sbg raja belalang yg kerasukan setan, menyiksa manusia. (Baca Why 9 : 7-11)

5. Bencana daru Cawan keenam berhubungan dengan bencana Sangkakala keenam, sebab kedua macam bencana itu semuanya berhubungan dgn sungai yg sama, yaitu Sungai Efrat.                     (Baca Why 9:14)

Sebagai roh seharusnya roh najis berada di langit, tetapi oleh karena mereka menjadi katak, mereka hanya bisa bergerak di bumi dan dilaut.
Hal ini menyatakan bahwa Iblis dan kuasa pergerakannga akan dibatasi di bumi dan dilaut saja.

Ayat 15 : Menurut konteksnya, perkataan ini tentu diucapkan oleh Tuhan lada akhir kesusahan besar, sebelum perang Harmagedon.
Hal ini membuktikan bahwa saat itu masih ada umat Tuhan yang tertinggal di bumi (yaitu kaum mayoritas yang hidup dan tersisa).

Bagi mereka, penampakan diri Tuhan saat Dia datang kembali, masih tetap seperti pencuri, yaitu pada waktu yg tidak diketahui oleh mereka.

Hal ini penting utk kita perhatikan dgn sungguh2, sebab sampai hari ini banyak sekali pengajar kristen yg mengatakan, bhw sebelum saat kesusahan besar terjadi di bumi, semua umat Tuhan sudah terangkat.
Yang terangkat pada gelombang pertama adalah buah sulung, yaitu umat Allah yang di tuai ke hadirat Allah sebelum masa kesusahan besar terjadi.

Ayat 17
Perkataan ......Sudah terlaksana
artinya sudah tamat, sudah berlalu, sudah digenapi.
Ini mengacu kpd fakta bhw segala sesuatu sudah digenapkan bagi penghaliman Allah dan ekspresi Allah, yaitu kesaksian Allah.

Ayat 19 :
1. Kota besar disini mengacu kepada Kota Yerusalem di bumi, akan terbelah menjadi tiga bgn.

2. Babel yg misterius dan agamawi dalam 14 : 8 akan dimusnahkan pada awal kesusahan besar, sebab itu Babel besar disini, yang dimusnahkan setelah perang di Harmagedon pd akhir kesusahan besar, pastilah Babel yg material, yaitu Kota Roma.

Babel Besar dalam 14:8 serupa dengan Babel dalam psl 17, sedangkan Babel dalam ayat ini serupa dgn Babel dalam psl 18.

Sketsa atau gambaran ringkas kedua Babel ini tercatat di dalam 14 : 8 dan dalam ayat 19 ini, rinciannya tercatat di dalam psl 17 dan 18

Hujan es yg dimaksud dlm ay 21
berat nya kira2 seberat 34 kg.
Wow ngeri benar yah

Demikian penjelasan Wahyu 16 yg bisa saya bagi, semoga sedikit dapat menambah wawasan kita tentang malapetaka dari murka Allah yg ditumpahkan ke atas bumi melalui ketujuh Cawan.

No comments:

Post a Comment

Hati seperti apa yang harus kita punyai?

 Natal adalah saat yang tepat untuk kita melakukan refleksi diri, merenungkan, apa yang telah kita lakukan setahun itu dan bagaimana kira-ki...